Wednesday, May 17, 2017

Cleopatra by Bernard Shaw


Sinopsis:

Cleopatra yang diceritakan dalam novel ini adalah Ratu Mesir VII, lahir tahun 69 SM dan wafat tahun 30 SM. Nama aslinya Thea Philopator. Ia ikut “bermain politik” di usianya yang masih remaja, bersaing dengan saudaranya Ptolemy XIII, setelah kematian ayahnya Ptolemy XII, tahun 51 SM. Selama 4 tahun ia memimpin Mesir bersama Ptolemy XIII tersebut, hingga kemudian ia disingkirkan adiknya yang masih kecil, Ptolemy XIII, karena ambisi politik beberapa pejabat tinggi istana, yakni Pothinus, Achillas dan Theodotus.

Tahun 48 SM, ia dibuang di salah satu wilayah Syria, tempat ia bertemu Julius Caesar pertama kali. Penyingkiran Cleopatra VII ini menggambarkan konflik internal dinasti Ptolemy Mesir, sekaligus melemahkan kekuatan militer dan politik Mesir, hingga kemudian untuk pertama kalinya Romawi berhasil menaklukkan Mesir.

Novel Cleopatra yang ada di tangan Anda ini adalah saduran dari drama karya Bernard Shaw dengan judul Caesar and Cleopatra. Naskah itu sendiri ditulis tahun 1899, artinya sudah cukup lama naskah itu dibuat, namun hingga sekarang orang masih menyebut nama Cleopatra. Sebuah legenda tidak hanya berhenti pada cerita, tapi bisa memberi pelajaran, sekaligus bahan perenungan. Dengan membaca novel ini, Anda punya kesempatan untuk merenung tentang hakekat kekuasaan.


Download Cleopatra

Download Cleopatra