Monday, May 8, 2017

Jalan Setapak Lali Jiwo by Harlock


Sinopsis:

“…tak akan kubiarkan pergi, bahkan sedikit lelap. Semua ada di genggamanku…”

Hutan Lalijiwo terkenal dengan kenagkerannya sejak  jaman dahulu. Apabila kalian adalah pendaki gunung di daerah jawa Timur, kalian pasti kenal dengan mitos Lalijiwo. Di lereng Gunung Arjuno tsb banyak bertebaran pepunden-pepunden warisan nenek moyang kita. Pepunden itu banyak sekali bentukya. Ada patung singa, patung Semar, makam dan lainnya.

Hutan Lali Jiwo sendiri dahulu amat sangat lebat dan menakutkan. Para pendaki yang ingin mencapai puncak Gunung Arjuno yang memilih jalur dari Kota Lawang, harus melewati hutan ini. Mitosnya, apabila kita tidak berkonsentrasi, ngelamun, kita akan dibelokkan jalannya dan tersesat. Bahkan yang selamat pernah bercerita, bahwa ia melihat temannya yang di depan. Padahal punggung temannya yang dilihatnya itu bukanlah temannya yang sebenarnya. Tetapi jin yang menyerupai temannya dan mengelabuhi mata korban.

Sedangkan Pasar Dieng dipercaya sebagai pasar lelembut yang sering berkumpul pada hari hari tertentu. Letaknya di perbatasan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Pendaki akan melewati daerah ini bila mendaki Gunung Arjuno via Tretes, Pandaan.


Download Jalan Setapak LaliJiwo

Download Jalan Setapak LaliJiwo