Wednesday, July 5, 2017

Winnetou III: Winnetou Gugur by Karl May


Sinopsis:

"Dengar baik-baik, Fred, selama pengembaraan saya selalu berusaha sedapat mungkin tidak membunuh orang, karena darah manusia adalah sesuatu yang tak ternilai harganya. Saya lebih suka menanggung penderitaan daripada mengangkat senjata untuk membunuh. Dan itu pun hanya terjadi jika saya benar-benar berada dalam situasi paling kritis yang bisa merenggut nyawa saya. Lebih baik saya membuat lawan tak berdaya faripada harus mengambil nyawanya..."

"Kulit putih ibarat binatang piaraan yang terlatih dan nalurinya sudah tumpul, sedangkan orang Indian masih tetap seperti hewan liar yang bukan hanya mempunyai naluri tajam, melainkan juga bisa mengendus dan mendengar dengan hatinya. Hewan liar tahu pati jika kematiannya sudah mendekat. Malahan ia bukan hanya tahu, melainkan juga bisa merasakan kedatangannya. Kalau itu terjadi, maka ia akan pergi mengurung diri di dalam hutan lebat untuk mencari ketenangan dan menunggu detik-detik terakhir hidupnya..."

"Kamu tahu, saya mengenal banyak tempat yang mengandung emas, baik emas berukuran besar, seperti nuggets, maupun berupa butiran-butiran kecil. Saya hanya perlu menunjukkan satu tempat saja, maka kamu segera menjadi kaya, bahkan kaya raya, tapi setelahnya... kamu tak lagi bahagia. Manitou Agung yang bijaksana tidak menciptakan kamu agar terbuai di atas tumpukan harta..."


Download Winnetou 3

Download Winnetou 3