Saturday, September 23, 2017

Ketika Indonesia Menaklukan Dunia by Nafta S. Meika aka Wonder Forward


Sinopsis:

“Kita menguasai dunia? Cerita gila apa lagi nihh...?”

Siapa yang tidak tertarik membaca judul bukunya? Kedengaran provokatif atau malah sedikit lucu. Sebelum membacanya lebih jauh saya menduga ini cerita tentang tokoh nasionalis fiktif yang berupaya menjadikan Indonesia negara adidaya di masa depan. Rasanya saya akan segera diserbu ideologi-ideologi seorang revolusioner.

Ternyata salah. Bukan tokohnya yang fiktif, tapi dunianya yang fiktif!

Biasanya, kita disuguhi cerita-cerita yang berangkat dari kisah nyata namun tokohnya fiktif belaka, Tapi novel ini justru kebalikannya, tokohnya adalah orang-orang beneran tapi mainnya di dunia maya.

Begitulah Nafta S. Meika, seorang penggila game yang gemar gonta-ganti platform game sampai akhirnya ia jatuh cinta pada game eRepublik yang bisa kita mainkan via internet.

Sedikit tentang eRepublik. Ini adalah jenis web-browser game yang bisa dimainkan semua orang diseluruh dunia secara bersamaan dengan koneksi internet. Game strategi ini lebih kompleks dari game-game lainnya, tak cuma berurusan dengan perang dan perluasan wilayah tapi juga berperan dalam kehidupan ekonomi, sosial dan politik. Setiap pemain menjadi warga sebuah negara, yang di dalam buku ini diawali huruf “e-” (eIndonesia, eRumania) diawal nama negara. Modul atau fitur game ini terbilang lengkap, Anda bisa mendirikan perusahaan, ikut perang, jadi taipan media, tukang kayu, pendiri partai atau bahkan anggota parlemen! Pendeknya, kata guardian.co.uk, “eRepublik menawarkan sebuah kehidupan kedua secara nyata”.


Download Ketika Indonesia Menaklukan Dunia

Download Ketika Indonesia Menaklukan Dunia