Saturday, January 6, 2018

Kubunuh di Sini by Soe Tjen Marching


Sinopsis:

Sekarang aku pulang. Ke Indonesia. Tapi apakah hidupku hanya untuk ini? Bertahan dan bertahan selama mungkin, dan kemudian aku akan habis tak bersisa lagi?

Selamat dari serangan kanker tioid, Soe Tjen Marching kembali menemukan benjolan di antara tulang punggung—gumpalan yang menimbulkan kesakitan luarbiasa dan menjadikan dia sepert bukan manusia. Namun, menolak takluk pada keadaan dan penyakit yang menyerbunya, Soe Tjen memperlihatkan, hidup bukan hanya sebatas untuk bernafas, untuk bertahan lalu habis tak bersisa.

Buku ini bercerita tentang pasang surut kehidupan Soe Tjen, pengajar di universitas terkemuka di Australia dan Inggris, dalam bertarung dengan penyelinap ganas di tubuhnya. Dituturkan di dalamnya bagaimana di tengah deraan rasa sakit Soe Tjen tetap menggerakkan kelompok diskusi pluralisme Bhinneka. Dengan rasa humor dan pengamatan yang tajam, Soe Tjen juga menulis pengalaman menerima layanan kesehatan yang berbeda di tiap negara tempat ia tinggal—Indonesia, Australia, dan Inggris—mulai dari sikap para dokternya, perawat, hingga menu di rumah sakit. Interaksi antar-pasien, antar-warga, dan antar-manusia baik di dunia kesehatan maupun dunia akademik semua diceritakan dengan lugas dan jernih.

Buku ini bukan hanya mengusik rasa haru, tetapi juga memelihara kesadaran bahwa derita dan ceria senantiasa hadir bersama.


Download Kubunuh Di Sini

Download Kubunuh Di Sini