Sunday, March 25, 2018

Sang Koruptor by Hario Kecik


Sinopsis:

Dalam novelnya ini penulis hanya ingin bercerita tentang kerja sama yang dilakukan oleh dua orang koruptor, seorang bekas pejuang, beberapa orang muda intelektual, dan seorang pengusaha keturunan Tiong Hoa yang menjadi korban per"main"an politik pada zaman Orde Baru. Kelompok kecil ini dalam kondisi yang unik merupakan suatu unit simbiosis dalam kehidupan suatu perusahaan besar.

Sambil bercerita, novel ini sekaligus ingin me"mapar"kan tentang apa sebenarnya kegiatan manusia yang dinamakan korupsi itu dalam ranah pembicaraan filosofis dan psikologis. Kapan korupsi mulai muncul dalam proses evolusi keber"adab"an manusia? Benarkah pandangan penulis bahwa korupsi dalam masyarakat modern yang dilakukan oleh koruptor tidak dapat berdiri sendiri? Atau, mungkinkah korupsi itu seperti energi, tidak dapat musnah atau di"musnah"kan, hanya bisa berganti bentuk? Apakah korupsi sudah ada di dalam sejarah evolusi tingkat-tingkat peradaban umat manusia dari yang paling primitif sampai modern?

Untuk menambah problematika, novel ini juga memunculkan kisah percintaan antara dua orang mahasiswa kedokteran sehingga novel ini terasa lebih menyentuh dan manusiawi.


Download Sang Koruptor

Download Sang Koruptor