Friday, April 13, 2018

Orang-Orang Bloomington by Budi Darma


Sinopsis:

“Janganlah mengurusi kepentingan orang lain dan janganlah mempunyai keinginan tahu tentang orang lain. Hanya dengan jalan demikian, kita dapat tenang.”

Sejak kali pertama terbit, tujuh cerita yang dihimpun dalam antologi Orang-Orang Bloomington sukses memukau pembaca lintas generasi melalui permasalahan yang diangkat—emosi-emosi terdalam manusia. Manusia dengan segala dinamika kehidupannya dikisahkan melalui sudut pandang orang pertama—menjadikan suasana batin tokoh-tokohnya tergali dalam. Cerita-ceritanya tampak sederhana, tapi menyuguhkan sisi lain kehidupan nyata yang kompleks dan kelam. Dengan cara yang tidak biasa, Budi Darma mengungkap konflik antarmanusia yang lazim kita hadapi dalam keseharian—prasangka, kesepian, kedengkian. Semua berpadu menjadi satu formula kisah yang realistis, menyentuh, bahkan cenderung menampar.

Melalui Orang-Orang Bloomington, Budi Darma berhasil menyabet penghargaan S.E.A. Write Award 1984 dari Pemerintah Thailand. Cerpen-cerpen yang menginspirasi ini kami hadirkan kembali untuk memperkenalkannya kepada pembaca muda, sekaligus mengobati kerinduan para pembaca setia Budi Darma.

"Bukan hanya salah satu kumpulan cerpen terpenting, melainkan juga dengan caranya sendiri memberi jalan baru kesusastraan Indonesia."
—Eka Kurniawan, penulis 
"Karya klasik yang menembus masa apa pun. Cerita-ceritanya menjadi pegangan bahwa cerita pendek adalah dunia yang menggairahkan, mampu memberi ledakan dalam waktu singkat."
—Leila S. Chudori, sastrawan, wartawan 
"Bila saya diminta menyusun daftar 'buku cerpen Indonesia terbaik yang wajib baca', maka Orang-Orang Bloomington ada dalam daftar itu. Sungguh, kisah-kisah yang akan tetap memikat dibaca dari zaman ke zaman."
—Agus Noor, sastrawan


Download Orang-orang Bloomington

Download Orang-orang Bloomington